Simak Kelebihan & Kekurangan Batik Sutra

Simak Kelebihan & Kekurangan Batik Sutra

Dalam proses pembuatan batik banyak menggunakan bahan kain yang berbeda – beda. Mulai dari kain katun, rayon, sampai kain sutra. Di jajaran kelas batik premium, batik sutra asli menjadi primadona yang mutlak karena kain ini benar-benar menawarkan kemewahan dan kelebihan yang tidak dimiliki bahan kain batik lainnya. Namun, perlu di ketahui kelebihan & kekurangan batik sutra juga.

Kain sutra sendiri merupakan jenis kain serat alam yang di hasilkan dari serat kepompong ulat sutera (Bombyx mori ).  Kain ini menawarkan kemewahan, kelembutan dan kenyamanan bagi pemakainya.

Apasih itu Batik Sutra asli ?

Perlu di ketahui batik sutera/sutra merupakan jenis kain batik yang di buat dengan menggunakan Teknik batik tulis maupun batik cap dengan material kain serat sutra. Selain itu  jenis kain sutra yang di gunakan untuk batik sangat beragam. Mulai dari kain sutra import, Kain sutra ATBM sampai sutra motif baik ATBM maupun jacquard.

Dari semua jenis kain sutra yang ada di atas menawarkan kemewahan, kelembutan dan kenyaman yang membuat batik sutra ini di bandrol cukup mahal, mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Harga batik sutra ini biasanya di pengaruhi oleh kualitas bahan dan motif batik yang tergambar di kain batik sutra.

Setelah mengetahui apa itu batik sutra asli . setelah ini akan kita akan mengetahui kelebihan dan kekurangan batik sutra.

Baca Juga : Filosofi Batik Megamendung

Kelebihan

Seperti penjelasan tadi batik sutra merupakan kain batik yang premium. Kelebihan dari batik ini ada pada bahan yang tidak dimiliki oleh batik lain. Di antaranya batik sutra memiliki kilau yang khas pada permukaan kain di bandingkan dengan kain jenis lain. Kilauan pada batik ini membuat batik sutra terlihat sangat mewah. Selain itu warna pada batik sutra asli memiliki warna yang lebih pekat sehingga motif batik terlihat lebih menarik dan indah. Terlebih lagi saat di pakai dapat memberi kenyamanan yang ekstra di bandingkan dengan batik yang lain. Itu di karenakan batik sutra dapat dengan mudah menyerap keringat dan sangat lembut saat bersentuhan dengan kulit.  Di bandingkan dengan jenis yang lain batik ini di katakana lebih awet karena serat sutra yang kuat dan tidak mudah putus.

Kekurangan

Dengan kualiat yang premium tersebut sangat wajar jika batik sutra memiliki harga yang sangat malah di pasaran.  Tidak hanya itu proses pengerjaan batik sutra  memang sangat rumit karena  para  pengrajin batik biasanya membuat dengan Teknik batik  tulis maupun teknik kombinasi yang memiliki motif yang rumit dan detail. Perawatan yang perlu di lakukan juga tidak sembarangan, baik dari proses pencucian yang tidak boleh menggunakan mesin. Dan detergen yang di gunakan saaat mencuci harus berbahan alami tanpa zat kimia untuk menjaga keawetan dari batik tersebut.