Cara Merawat Batik Cap

Cara Merawat Batik Cap Yang Baik

Cara Merawat batik Cap – Di kutip dari  bdipadang.kemenperin.go.id Batik Cap merupakan salah satu jenis hasil proses produksi batik yang menggunakan canting cap. Canting cap yang dimaksud di sini mirip seperti stempel, hanya bahannya terbuat dari tembaga dan dimensinya lebih besar, rata-rata berukuran 20cm X 20cm. Walaupun batik cap terbilang lebih simple dalam proses pengerjaan dari batik tulis tapi batik cap tetap di kerjakan secara handmade dengan tenaga manusia.

Batik cap memiliki ciri Warna batik kedua belah sisi kain adalah sama, warna batik cap lebih mengkilap, motif tidak terlalu detail dan Biasanya warna dasar adalah warna tua / gelap.

Setiap kain batik memiliki perawatan yang berbedan. Kain batik cap juga membutuhkan perawatan khusus seperti kain batik lainnya. Berikut penjelasan mengenai cara merawat batik cap:

Mencuci batik jangan pakai detergen

Cara pertama yang dapat kamu lakukan mencuci batik menggunakan, sabun mandi atau shampoo untuk menghilangkan noda pada kain, atau membeli sabun khusus di gallery batik untuk mencuci pakaian tersebut. Jika kamu mencuci batik menggunakan detergen makan akan merusak warna dari batik tersebut.

Jangan menggunakan sikat cuci

Saat mencuci kain batik cap cukup mengucek secara perlahan dan tidak terlalu keras di bandingkan menggunakan sikat suci. Atau kita hanya mengucek bagian yang kotor seperti kerah.

Jangan menggunakan mesin cuci

Hampir sama seperti cara yang sebelumnya. Kamu perlu  menghindari pemakaian alat mesin cuci saat mencuci baju batik cap. Apalagi mencampurkan semua pakaian saat mencuci bersamaan dengan batik, yang diantar pakian batik terdapat pakaian yang memiliki banyak warna.

Cara menyetrika batik

Setelah kain batik cap kering, kebiasaan kita adalah menyetrika agar baju terlihat agak rapi. Namun, saat kamu menyetrika kain batik khususnya kain batik cap, jangan di setrika secara langsung. Berilah alas seperti kain tipis atau kertas minyak di atas kain batik anda dengan tujuan agar panas yang di hasilkan setrika tidak berkontak langsung. Karena motif atau corak pada baju bisa rusak.

baca juga : Simak Kelebihan & Kekurangan Batik Sutra

Penggunaan pengharum

Lalu cara perawatan yang terakhir hindarilah pemakian pengharum badan atau parfum. Karena zat yang terkandung di dalamnya bisa merusak corak atau motif batik. Mungkin ini kebiasaan yang sulit untuk di hindari, tapi sebisa mungkin jangan di lakukan agar hasil tetap maksimal. Hal terakhir ialah saat menyimpan batik cap di dalam lemari. Hindari penggunaan kapur barus atau sejenisnya, bahan itu akan merusak kain.

Source :

“Tips Merawat batik Cap”. Admin. 18 Desember 2015. http://zallatra.com/berita/detail/tips-merawat-batik-cap-17965.html